sf

selamat datang di kodeaneh, pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara untuk menginstall composer pada windows. akan tetapi sebelum kita ke tutorialnya sebaiknya kita harus mengenal apa itu composer dan juga fungsi dari composer tersebut.

Pengertian dan Fungsi Composer 
Composer adalah Suatu dependency dari PHP yang dibuat dan dikembangkan oleh Jordi Boggiano dan Nils Adermann, yang berfungsi untuk menghubungkan antara project aplikasi kita dengan library atau package dari luar. untuk mendapatkan library atau package yang dibutuhkan bisa langsung cari di packagist.org untuk mengambilnya langsung menggunakan composer.

jadi pada intinya fungsi dari Composer adalah untuk mendownload dan mendeklarasikan package atau library dari packagist.org kedalam aplikasi yang sedang kita buat. sehingga itu akan mempermudah dan mempercepat kita dalam mengerjakan project tersebut.

ohh iya.. Composer ini juga bersifat Open Source loh (GRATIS), sehingga bisa digunakan oleh semua orang.

Cara Install Composer pada Windows
untuk menginstall Composer pada Windows silahkan kalian buka https://getcomposer.org/download/
setelah itu kalian klik Composer-Setup.exe untuk download installer composer. seperti gambar berikut:


selanjutnya kalian buka Composer-Setup.exe tersebut, apabila terdapat Windows protected kalian klik More info setelah itu klik Run anyway


setelah itu akan terbuka Installer Mode klik install for All Users karena itu recomended dari composernya.

setelah kalian pilih modenya maka akan terbuka installer composernya. Abaikan atau jangan ceklis Developer Modenya setelah itu kalian klik Next.


setelah itu akan akan ada tombol install silahkan kalian klik tombol install.


Nah Proses Install Composer telah Selesai. Untuk Cek apakah Composer telah terinstall atau belum silahkan kalian buka Command Prompt dan  ketik composer. apabila composer telah terinstall maka akan keluar tampilan seperti berikut:


apabila tidak keluar tampilan seperti gambar diatas berarti composer anda belum terinstall

karena tutorial ini telah selesai maka kita ucapkan Terima Kasih karena kalian sudah mampir dan membaca tutorial yang telah KodeAneh buat. Sampai Jumpa di Tutorial Berikutnya.









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama